Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Nightriderz, NFS World Private Server yang Seru!

NFS World Private Server – Nightriderz : Horizon – RenoArifigar.com

Nightriderz, NFS World Private Server – Need for Speed : Word. Mungkin terasa cukup asing bagi kalian, namun saya rasa hal itu bisa dipahami karena game ini hanya berumur sekitar 5 tahun saja. Rilis pada 27 Juli 2010 dan tutup pada 14 Juli 2015. EA memutuskan untuk menutup game ini karena NFS World ini sudah tidak memenuhi standar franchise Need for Speed pada masa itu. Game ini tutup berbarengan dengan beberapa game online EA lainnya seperti Battlefield Heroes, Battlefiled Play4Free dan FIFA World.

Baca Juga : Mengulas Kembali NFS Underground versi PC + Rekomendasi Patch & Mods

A. Need for Speed World

Sebagai gambaran, NFS World adalah game balap Massively Multiplayer Online (MMO) yang berdasar dari NFS Most Wanted dan NFS Carbon. NFS World akan mebawa kalian balapan di dunia yang menghubungkan Rockport dan Palmont City. Disini, kalian dibebaskan untuk melakukan berbagai kegiatan dengan mobil kalian. Kalian bisa eksplorasi map yang luas, hunting treasure, balapan singleplayer / multiplayer, kejar-kejaran dengan polisi, memodifikasi mobil, mengkoleksi ratusan mobil hingga menghadiri acara Car Meeting dengan Crew kalian. Konsep yang menarik bukan? Ya, ini game memang didesain untuk para car ethusiast.

B. Fitur Game di Nightriderz

a. Freeroam

World Map dari NFS World - Gabungan antar Rockport dan Palmont City
World Map dari NFS World – Gabungan antar Rockport dan Palmont City

Freeroam adalah fitur yang membebaskan kalian untuk mengeksplorasi Rockport dan Palmont City. Kalian bisa jalan-jalan dan mengunjungi berbagai bangunan ikonik dari game NFS Most Wanted dan NFS Carbon. Kalian juga bisa bertemu dengan para pemain lain dan berinteraksi secara langsung. Kalau ingin mabar, kalian bisa invite pemain lain ke dalam group lalu masuk ke event yang ingin kalian mainkan.

b. Reputation

NFS World Nightriderz : Horizon - Dapatkan Reputation setelah selesaikan event
NFS World Nightriderz : Horizon – Dapatkan Reputation setelah selesaikan event

Reputation adalah sistem Experience di NFS World yang menjadi parameter dari level Driver kalian. Kalian bisa memantau jumlah Rep. melalui bar di bagian atas layar kalian. Menyelesaikan balapan dan berbagai challenge akan meningkatkan Reputation dan membuka mobil-mobil baru di Dealer. Seperti pada game MMO pada umumnya, Level juga menjadi tanda pengalaman bermain seorang player. Makin tinggi levelnya, berarti makin banyak juga pengalaman mereka bermain game tersebut.

c. Car Damage

Ya! NFS World menerapkan sistem Car Damage, dan ini dapat mempengaruhi performa mobil kalian. Semakin rendah Health mobil kalian, makin menurun juga performanya. Kerusakan mobil ini akan terlihat pada fisik mobil kalian seperti terdapat baret dan penyok pada body, kaca mobil pecah, dan semacamnya. Hal ini membuat kita harus lebih hati-hati dan fokus saat mengemudikan mobil. Kita harus memastikan sudut saat menikung, mengatur gas dan rem, menghindari senggolan dan crash, memperhatikan trafik yang berlawanan, dsb. Buat yang nggak mau repot dan pengennya ugal-ugalan, kalian bisa membeli asuransi untuk melindungi health bar mobil tetap 100% selama 30 hari.

Baca Juga : Gran Turismo 2 Plus, Mod Untuk Nostalgia GT2 yang Makin Seru

d. Treasure Hunt

Gameplay NFS World – Nightriderz : Horizon – Treasure Hunt Freeroam

Treasure Hunt adalah challenge harian yang mengharuskan kalian untuk mengumpulkan 15 Gem yang telah disebar dan disembunyikan di lokasi yang telah ditentukan (bisa dilihat di map). Untuk menemukannya, kalian bisa eksplor lokasi tersebut sambil memperhatikan minimap yang akan menunjukkan lokasi gem tersebut. Setelah menyelesaikan challenge ini, kalian akan mendapatkan sejumlah reward harian.

e. Street Racing Event (Circuit, Sprint, Drag)

NFS World memiliki 3 jenis balapan yang bisa kalian mainkan. Mulai dari Circuit dengan 2 sampai 3 laps, Sprint dengan panjang trek yang berbeda-beda (terdapat beberapa trek yang sangat panjang, cocok untuk melatih skill dan ketahanan kalian), dan Drag yang menguji fokus dan reflek kalian.

f. Weekly Challenge

Weekly Challenge Nightriderz : Horizon, NFS World Private Server - RenoArifigar.com
Tantangan Mingguan di private server Nightriderz : Horizon

Weekly Challenge adalah event mingguan dari server yang memberi kalian 8 jenis tantangan untuk diselesaikan. Setiap tantangan memiliki persyaratan tertentu. Contohnya seperti : harus menggunakan mobil tertentu, kelas mobil tertentu, catatan waktu yang harus dicapai, tidak boleh pakai power-ups, dan semacamnya. Bila persyaratannya terpenuhi, kalian akan dapat hadiah yang diberikan biasanya berupa Cash atau SpeedBoost dengan jumlah yang cukup besar sehingga sangat worth-it untuk diselesaikan.

g. Leaderboard

Leaderboard NFS Word Private Server Nightriderz : Horizon - RenoArifigar.com
Leaderboard NFS Word Private Server Nightriderz buat kamu yang merasa jago.

Ini adalah tempat dimana kalian dapat flexsing sekaligus melihat catatan waktu terbaik untuk setiap event/trek yang ada di dalam game. Jika kalian merasa sudah menguasai salah satu trek di Nightriderz, silahkan cetak catatan waktu baru di Leaderboard dengan mobil terbaikmu.

Baca Juga : Berbagai Cara untuk Mengatasi FPS Drop / FPS Tidak Konsisten Saat Main Game di PC

h. Cops Event (Pursuit Outrun & Team Escape)

Gameplay Nightriderz : Horizon – All In Team Escape (Solo)

Pursuit Outrun – Ini adalah mode dimana kalian diharuskan untuk kabur dari kejaran polisi menuju ke Escape Line yang telah ditentukan. Ini adalah mode terbaik untuk mendapatkan banyak Cash & Reputation. Caranya? Dengan menghancurkan mobil polisi sebanyak-banyaknya sepanjang pelarian. Pastikan mobilmu tidak sampai Busted.

Team Escape – Sedikit berbeda dari Pursuit Outrun. Team Escape mengajak kalian untuk bekerjasama dengan tim untuk bersama-sama kabur dari kejaran polisi ke Escape Line. Untuk mendapatkan Cash & Reputation secara maksimal, keempat pembalap harus selamat dan melewati Escape Line.

i. Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil di NFS World Private Server – Nightriderz : Horizon

1. Skill Mod

Skill merupakan sebuah item yang akan meningkatkan kemampuan dari mobil kalian. Atur Skill Mods sesuai kebutuhan kalian. Apakah untuk Eksplorasi? Balapan? atau Pursuit? Disini, kalian dapat mengatur Skill Mods sesuai dengan preferensi gaya mengemudikan mobil.

2. Performance

Bangun mobil favorit kalian dengan berbagai part performa agar bisa bersaing dengan mobil lain saat balapan. Terdapat berbagai jenis Engine, Force Induction (Turbo / Supercharger), Transmissions, Suspensions, Brakes dan juga Tires yang bisa kalian mix and match sesuai kebutuhan. Kalian juga bisa mendapatkan berbagai Parts langka yang menawarkan performa monster untuk mobil kalian.

Baca Juga : Memahami Spesifikasi Speaker dan Microphone dari Headset Incaran Kalian

3. Aftermarket

Aftermarket menawarkan modifikasi mobil khas Need for Speed yang sangat detail dan punya banyak variasi pilihan. Di NFS World, kalian dapat memasang Body Kits, Spoiler dan Hood. Mengganti velg mobil kalian dengan velg dari BBS, Enkei, Works, dsb. Menceperkan mobil kalian. Memasang underglow seperti di NFS Underground 2. Serta menambahkan detail kecil seperti Plat Nomor, Trail Lights dan Strobo Polisi ke mobil kalian.

4. Vinyl

Disini, kalian dapat membuat livery mobilmu sendiri, lepaskan kreativitasmu dan buat livery terkeren untuk koleksi mobilmu. Terdapat banyak jenis grafis yang bisa kalian kombinasikan untuk menghaslkan livery unik. Livery model minimalis, livery balap hingga itasha yang detail dan rumit bisa kalian buat disini.

5. Paint

Ganti warna mobil kalian dengan warna dan finishing yang kalian suka. Terdapat banyak pilihan di NFS World, mulai dari Glossy, Matte, Metallic, Chrome, Candy, Iridescent hingga Pearl. Masing-masing menawarkan hasil yang berbeda-beda. Kalian bisa sesuaikan dengan selera dan desain vinyl kalian.

j. Power-Up

Penggunaan Power-up di Nightriderz : Horizon pada mode Pursuit Outrun

Berbeda dari series Need for Speed biasanya, NFS World menawarkan sistem power-ups yang bisa kita dapatkan dengan berbagai cara. Power-Ups ini dapat kita gunakan untuk membantu kita memenangkan berbagai event baik itu balapan ataupun pursuit. Beberapa contoh pursuit yang ada di dalam game adalah Nitrous, Slingshot, Juggernaut, Instant Escape, dan masih banyak lagi. Ini menjadi salah satu hal yang membuat NFS World menjadi game pay-to-win pada masanya, namun setelah game ini tutup dan dihidupkan lagi oleh komunitas SBRW, hal ini tidak lagi merusak pengalaman bermain.

Baca Juga : Rekomendasi Game Musou (1 vs 1000) yang Seru Buat Main Bareng Temen!

k. Achievement

NFS World Private Server Nightriderz : Horizon Achievement Log Window - RenoArifigar.com
NFS World Private Server Nightriderz : Horizon Achievement Log Window

Selesaikan berbagai macam Achievement di dalam game mulai dari tantangan win streak, total kilometer berkendara, menyelesaikan banyak jenis event hingga mengkoleksi mobil. Dengan menyelesaikan achievement, kalian akan mendapatkan reward seperti sparepart, power up hingga cash in-game. Dengan menyelesaikan acheivement, kalian juga akan mendapatkan poin yang menandakan tingkat pengalaman kalian bermain NFS World di server Nightriderz.

l. Crew (Territory & Car Meeting)

Halaman Nightriderz Crew di server Nightriderz : Horizon

Crew adalah salah fitur komunitas di server Nightriderz. Fitur ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan dan juga kompetitif. Fitur crew merupakan sebagai berkumpulnya para pemain. Kalian bisa bekerjasama untuk mengumpulkan poin agar menjadi Crew nomor 1 di server. Selain itu Crew juga bisa memiliki teritory di map. Teritory ini dapat diperebutkan, sehingga anggota crew harus aktif mengumpulkan poin untuk mempertahankan teritory-nya.

Selain itu, fitur Crew juga berguna sebagai sumber untuk mendapatkan SpeedBoost. Ya, in-game currency yang dulu di server resmi adalah mata uang premium (hanya bisa didapatkan via topup), sekarang bisa kita dapatkan dengan mudah. Caranya? Kamu hanya perlu berkontribusi kepada Crew dengan menyelesaikan event apapun baik itu balapan atau pursuit. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan crew point. Setiap anggota crew yang berkontribusi Crew Point setiap hari, akan mendapatkan 250 SpeedBoost.

Baca Juga : Yuk Kenalan dengan Mechanical Keyboard dan Berbagai Jenis Aksesoris Switch-nya

m. Community Event

Community Event adalah acara in-game yang diadakan oleh developer Nightriderz untuk meramaikan server. Umumnya akan ada tantangan yang harus diselesaikan oleh para pemain. Tantangannya berupa sebuah milestone bersama, atau tantangan per individu. Developer akan mengumumkan Community Event melalui Discord lengkap dengan tautan event di situs Nightriderz.

Salah satu contoh event yang baru saja selesai saat artikel ini saya buat adalah event McLaren Arrows. Event ini menantang player untuk menyelesaikan setidaknya 50 balapan circuit menggunakan mobil McLaren tipe apapun. Terdapat milestone 60.000 balapan circuit dengan berbagai hadiah. Mulai dari 2,5jt Cash, 2X Multiplier untuk 3 Hari, 15.000SB dan McLaren Senna GTR sebagai hadiah utama. Klik tautan ini untuk melihat halaman Community Event McLaren Arrows yang diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 27 Agustus 2023 kemarin.

n. Controller & Steering Wheel Support

Xbox Wireless Controller - RenoArifigar.com

Dukungan untuk Controller dan Steering Wheel menjadi satu hal yang vial untuk sebuah game bergenre balapan bagi saya. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa saya stay di server Nightriderz karena saya player game balap yang main pakai controller. Nightriderz mendukung banyak controller, mulai dari Xbox Wireless Controller, DualShock 4, Logitech Controller, dsb. Untuk steering wheel, produk Thrustmaster T150, Logitech G29, Logitech G920, Logitech G923 dan Logitech GT sudah di dukung oleh server.

Baca Juga : Cara Main Game Nintendo Wii dan GameCube dengan RetroArch (via Dolphin-emu)

C. System Requirements

  • Windows Vista (SP2) / Windows 7 keatas
  • Intel Core 2 Duo @1.8GHz
  • 2GB RAM
  • Intel GMA 950 / ATI Radeon HD2000 / Nvidia GeForce 7600
  • DirectX 9.0c

D. Download Client

SoapBox Race World Launcher

Sedikit penjelasan sebelum kalian unduh gamenya, karena Nightriderz adalah sebuah NFS World private server. Maka, kalian perlu unduh launcher custom yang bernama SoapBox Race World. Dari launcher tersebut, baru kalian bisa pilih mau connect ke server mana. Kalian bisa temukan server Nightriderz via dropdown diatas kolom login / register SBRW Launcher.

Kalian bisa main NFS World : Nightriderz Private Server via halaman berikut :

Bingung? ada pertanyaan? butuh bantuan? Sampaikan uneg-uneg kalian via kolom komentar ya! Nanti saya bantu.

Baca Juga : Rekomendasi Controller / Gamepad Untuk Main Game di PC

Sekian ulasan saya mengenai Nightriderz yang awalnya saya pikir akan cukup singkat, malah jadi panjang. Semoga artikel ini dapat memberi kalian sedikit gambaran mengenai salah satu NFS World private server yang cukup popular. Jika kamu suka dengan konten artikel ulasan game seperti ini, kalian bisa kirim dukungan lewat tombol berikut ini :

Cek juga artikel lain yang sudah saya publish di blog ini. Siapa tahu ada yang menarik perhatian kalian. Terima kasih udah mampir~!

Share:
Reno Arifigar

Reno Arifigar

Blogger di waktu senggang. Aktif mengikuti perkembangan Video Game, Komputer dan Gadget. Freelance sebagai teknisi komputer (perakitan, maintenance dan troubleshooting).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.