Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Rekomendasi Game Musou yang Seru Buat Mabar!

Rekomendasi Game Musou / Warriors Series by RenoArifigar.com

Musou adalah genre video game dengan tipe permainan Action Hack n Slash dengan musuh berskala besar. Pada game bergenre ini, karakter yang kita mainkan mampu menghajar ratusan lawan sendirian dengan sekali serang. Game Musou umumnya juga memiliki sedikit elemen Role-Playing Game seperti equipment, skill tree, EXP, level, dsb. Awalnya, Musou adalah nama atau istilah untuk Story Mode dari game Dynasty Warriors yaitu Musou Mode dan juga nama untuk bar Ultimate Attack di Samurai Warriors.

Karena kesuksesan dari Dynasty Warriors series, Musou menjadi nama untuk franchise Warriors Series milik Koei Tecmo. Hingga saat artikel ini dirilis, Koei Tecmo sudah menghadirkan banyak judul game Musou Series yang seru untuk kalian mainkan. Berikut beberapa Rekomendasi Game Musou dari Koei yang sangat layak untuk kalian coba :

Baca Juga : Cara Main Game Nintendo Wii / GameCube di RetroArch Pakai Dolphin-emu

Dynasty Warriors Series

Dynasty Warriors 9 Gameplay from Playstation.Blog - RenoArifigar.com
Dynasty Warriors 9 Gameplay from Playstation.Blog – RenoArifigar.com

Rekomendasi pertama dari saya adalah Dynasty Warriors. Game ini adalah franchise Musou Koei Tecmo dengan tema peperangan zaman 3 Kerajaan China atau Samkok. Game ini merupakan spin-off dari serial game strategi milik Koei yang berjudul Romance of the Three Kingdoms. Walaupun ini game spin-off, kalian tetap akan disajikan kisah peperangan tiga kerajaan lewat penyampaian yang menarik sepanjang permainan. Cao Cao, Liu Bei, Sun Jian, Lu Bu serta nama-nama besar pendekar china akan kalian temui di game ini. Dan tentunya, setiap pendekar tersebut dapat kalian mainkan.

Seri pertama dari game Dynasty Warriors mengangkat genre Fighting berbasis senjata yang mirip dengan Samurai Shodown dan Soulcalibur series. Game pertamanya ini hadir dengan judul Jepang Sangokumusō. Setelah itu, Koei memutuskan untuk membuat game yang sepenuhnya baru. Game baru ini hadir dengan genre permainan yang menggabungkan Action Hack n Slash dan beberapa elemen RPG. Game ini berjudul Shin Sangokumusō di Jepang. Inilah game Dynasty Warriors yang kita kenal hingga sekarang.

Untuk memainkan Dynasty Warriors, kalian tidak perlu memulai dari seri pertama, kalian bebas ingin mulai main dari seri manapun yang menurut kalian menarik. Langsung main yang ke-7? Gas! Mau coba seri ke-4 dulu? Silahkan! Kenapa bisa langsung lompat ke seri terbaru? Karena Dynasty Warriors series mengangkat cerita yang sama di setiap seri gamenya. Yang membedakan satu seri dengan seri lainnya ada di tampilan visual, cara penyampaian cerita, porsi cerita yang disajikan serta variasi gameplay saja.

Baca sejarah perkembangan franchise Dynsaty Warriors dan Genre Musou di artikel berikut : Sejarah Perkembangan Dynasty Warriors Series

Samurai Warriors Series

Samurai Warriors 5 Gameplay from Steam - RenoArifigar.com
Samurai Warriors 5 Gameplay from Steam – RenoArifigar.com

Samurai Warriors adalah franchise musou kedua dari Koei yang mengangkat tema peperangan pada Era Sengoku di Jepang. Kalian akan bertemu dengan banyak pendekar legendaris seperti Oda Nobunaga, Shingen Takeda, dan Toyotomi Hideyoshi, Tokugawa Ieyasu, Date Masamune dan Sanada Yukimura. Karena setting tahun yang sedikit lebih maju dibandingkan Dynasty Warriors, kalian akan menemukan berbagai senjata api seperti pistol, senapan, hingga meriam yang akan membuat permainan semakin menarik.

Series ini juga pernah merilis game standalone berjudul Samurai Warriors : Spirit of Sanada yang berfokus dalam menceritakan kisah dari klan Sanada. Di game ini kalian akan disajikan cerita yang lebih dalam mengenai klan tersebut lengkap dengan berbagai interaksi dengan karakter-karakter penting yang akurat dengan sejarahnya.

Baca Juga : Microsoft PC Manager, CCleaner Resmi dari Microsoft untuk Memberishkan Sampah di PC-mu

Warriors Orochi Series

Warriors Orochi 4 Ultimate Gameplay from HoganReviews - RenoArifigar.com
Warriors Orochi 4 Ultimate Gameplay from HoganReviews – RenoArifigar.com

Warriors Orochi adalah franchise yang menggabungkan Dynasty Warriors dan Samurai Warriors dengan plot bahwa ada entitas kuat yang datang mengancam bumi sehingga pendekar-pendekar kuat dikumpulkan dengan meleati dimensi waktu untuk mencekah kehancuran dunia.

Disetiap seri, kita akan disajikan cerita yang terus berlanjut sehingga kalian perlu memainkan seri pendahulunya untuk bisa benar-benar paham apa yang terjadi di seri selanjutnya. Di game ini, kalian bisa bermain menggunakan karakter dewa dari berbagai mitologi seperti Susano’o, Sun Wukong, Hades hingga Zeus.

One Piece Pirate Warriors Series

One Piece Pirate Warriors 4 Gameplay by GamingTrend - RenoArifigar.com
One Piece Pirate Warriors 4 Gameplay by GamingTrend – RenoArifigar.com

One Piece Pirate Warriors adalah kolaborasi unik dari franchise One Piece dengan franchise Musou / Warriros dari Omega Force. Dengan hadirnya kolaborasi ini, kalian dapat menikmati sensasi berperang mengalahkan ribuan musuh dengan satu pendekar andalan menggunakan para karakter dari One Piece. Tentunya lengkap dengan voice over, visual effect serta dunianya tempat Bajak Laut Topi Jerami mencari One Piece.

Koei dan Bandai berkolaborasi untuk menggarap series OPPW ini yang menghasilkan perpaduan sempurna antara gameplay Musou khas Omega Force dengan Desain Art cell shading khas game anime dari Bandai.

Baca Juga : Panduan Lengkap Memilih Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Warriors All-Stars (PS Vita, PS4, PC)

Warriors All-Stars Gameplay by Gamespot - RenoArifigar.com
Warriors All-Stars Gameplay by Gamespot – RenoArifigar.com

Warriors All-Stars adalah sebuah proyek crossover dari beberapa IP game yang dimiliki oleh Koei dan anak perusahaannya. Game ini merupakan proyek untuk merayakan 20 tahun Omega Force. Game ini akan menghadirkan seluruh karakter protagonist favorit fans dari game Koei, termasuk karakter dari IP terbaru mereka sebagai roster yang dapat kita mainkan di Warriors All-Stars.

Di game ini, para karakter ikonik dari game Koei dipanggil ke dunia baru untuk bersatu melawan kekuatan jahat. Ya, memang terkesan sangat sederhana. Namun, bila kalian suka dengan video game buatan Koei, game ini bisa menjadi fan service yang menarik. Melihat berbagai karakter yang biasa kalian mainkan bertemu di satu tempat dan berinteraksi satu sama lainnya.

Baca Juga : Rekomendasi Stik / Joystick / Controller / Gamepad Untuk Main Game di PC

Sebenarnya, masih ada beberapa judul lain yang ingin saya highlight di artikel ini. Seperti Fire Emblem Warriors dan Hyrule Warriors Series. Namun, karena saya belum pernah memainkan kedua game tersebut, jadinya saya shoutout aja judulnya disini.

Meski begitu, kedua judul tersebut layak untuk kalian coba karena punya mekanik permainan Musou yang unik yang merupakan hasil kombinasi dari kedua franchise. Saya bisa bilang begitu karena sudah pernah nonton beberapa YouTuber memainkan kedua game ekslusif Nintendo tersebut.

So… Dari daftar rekomendasi diatas, mana yang paling menarik menurut kalian? Atau, ada beberapa dari kalian yang sudah memainkan game Musou diatas? Boleh loh kalian share pendapat di kolom komentar dibawah. Siapa tahu bisa bikin pembaca lain jadi tertarik ingin coba mainin juga.

Jika kalian suka dengan artikel saya yang seperti ini, kalian bisa kirim dukungan lewat saweria.co/RenoArifigar. Thanks for dropping by!

Share:
Reno Arifigar

Reno Arifigar

Blogger di waktu senggang. Aktif mengikuti perkembangan Video Game, Komputer dan Gadget. Freelance sebagai teknisi komputer (perakitan, maintenance dan troubleshooting).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.