Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Cara Reset Windows Update di Windows 11 & 10

Cara Reset Windows Update di Windows 10 & Windows 11 – RenoArifigar.com

Panduan Reset Windows Update – Windows Update dirancang oleh Microsoft untuk menjaga Windows yang kita gunakan tetap up-to-date. Tentu caranya adalah dengan membuat Windows Update secara otomatis mengunduh dan menginstall pembaruan terbaru. Pembaruan ini dapat berupa cumulative update, hotfix maupun driver.

Meski ini adalah hal yang bagus, terkadang sistem auto-update dari Windows Update ini sering mengalami masalah. Beberapa contohya seperti tidak bisa mengunduh dan menginstall update terbaru, muncul error message, tidak dapat menemukan update terbaru, pending update, hingga berbagai isu lain yang bisa merusak instalasi Windows yang kita gunakan.

Umumnya, hal ini terjadi karena database atau komponen dari fitur Windows Update corrupt. Untuk mengatasi hal ini, saya menemukan solusi yang cukup efektif dari pengguna situs ElevenForum bernama Brink. Ia membuat sebuah script command prompt untuk mereset Windows Update. Selain berfungsi untuk membatalkan update yang sudah terunduh, script ini juga akan mereset seluruh services Windows Update sehingga dapat kembali berjalan dengan normal.

Baca Juga : Rekomendasi DNS yang Private dan Aman dengan Perlindungan Terenkripsi

Lalu, bagaimana cara menggunakan script ini?

Cara Reset Windows Update di Windows 11 & 10

  1. Download script Reset_Reregister_Windows_Update_Component_Windows.bat dari Brink (ElevenForum).
  2. Jalankan script .bat tersebut As Administrator.
  3. Bila muncul pop-up konfirmasi User Account Control (UAC) klik Yes.
  4. Setelah proses reset Windows Update selesai, akan muncul keterangan “Please save and close anything open now, before the computer is restarted“. Tekan Enter untuk mengkonfirmasi restart PC kalian.

Catatan :

  • Jika script gagal mengeksekusi perintah setelah 3 kali percobaan, akan muncul keterangan “Failed to reset Windows Update“. Tenang saja, setelah kalian menekan Enter, script akan otomatis me-restart seluruh service yang dihentikan sementara untuk mereset Windows Update.
  • Pastikan kalian sudah menyimpan dan menutup semua aplikasi yang kalian buka sebelum mengkonfirmasi restart pada langkah ke-4.

Baca Juga : Begini Cara Masuk ke Safe Mode di Windows 11 dan 10

Itulah cara paling mudah untuk Reset Windows Update di Windows 10 dan juga Windows 11. Saya merekomendaiskan kalian menggunakan script .bat dari Brink (ElevenForum) karena hanya butuh 1 klik. Sedangkan kalau pakai metode manual, perlu eksekusi berbagai perintah via Command Prompt yang perlu ketelitian dan kesabaran.

Bagaimana? Apakah masalah Windows Update kalian sudah teratasi? Share di kolom komentar ya! Mari berdiskusi bersama di bawah untuk melengkapi konten dari artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian. Terima kasih sudah mampir!

Dukung blog ini dengan kirim dukungan lewat https://trakteer.id/renoarifigar.

Share:
Reno Arifigar

Reno Arifigar

Blogger di waktu senggang. Aktif mengikuti perkembangan Video Game, Komputer dan Gadget. Freelance sebagai teknisi komputer (perakitan, maintenance dan troubleshooting).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.