Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Rekomendasi DNS Private dan Aman dengan Enkripsi

Rekomendasi DNS Private & Secure Gratis – RenoArifigar.com

Rekomendasi DNS Private dan Aman – Domain Name System (DNS) adalah sistem penamaan untuk komputer, server serta berbagai sumber daya lain di internet. DNS ini bekerja sebagai buku telepon yang akan mempermudah kita dalam mengakses berbagai situs dan layanan di internet. Contoh sederhananya, kita akan lebih mudah mengingat alamat domain www.google.com daripada mengingat 64.233.160 yang merupakan salah satu alamat IP dari Google.

Sayangnya, tidak semua penyedia layanan DNS benar-benar menghormati privasi kita. Tidak sedikit layanan DNS yang mengumpulkan history browsing kita untuk kebutuhan bisnis mereka. Bahkan, penyedia layanan internet kita juga mengumpulkan data browsing kita untuk kebutuhan periklanan. Maka dari itu, layanan DNS Private menjadi solusi mudah untuk melindungi data pribadi dan privasi kita.

Berikut saya sudah mengumpulkan berbagai layanan DNS yang benar-benar memberikan perlindungan privasi untuk para penggunanya. Selain privasi, sebagian juga menawarkan berbagai fitur tambahan seperti perlindungan dari virus dan malware, perlindungan dari targeted ads, hingga pemblokir iklan.

Baca Juga : Beberapa Alasan Untuk Kembali Menggunakan Browser Mozilla Firefox

A. Rekomendasi DNS Private dan Aman Terbaik

1. Cloudflare DNS

Cloudflare, penyedia layanan Content Delivery Network dan Cybersecurity yang digunakan oleh mayoritas website di seluruh dunia. Selain memiliki layanan untuk pemilik website, Cloudflare juga memiliki layanan Public DNS resolver yang bisa kita gunakan secara gratis. Layanan DNS tersebut bernama 1.1.1.1. Cloudflare 1.1.1.1 menawarkan direktori DNS tercepat yang dapat mempercepat loading saat browsing.

Tidak hanya menawarkan DNS yang akan mempercepat loading website saat browsing. 1.1.1.1 juga menawarkan fitur tunneling dengan WARP. Fitur ini akan mengenkripsi setiap koneksi dari perangkat kalian ke server yang kalian kunjungi. Hal ini akan menjamin privasi kalian seperti history browsing dan data yang kalian input tetap aman.

Untuk menggunakan layanan DNS dari Cloudflare, gunakan IP Address berikut di pengaturan koneksi internet kalian :

  • Primary DNS Server : 1.1.1.1
  • Alternative DNS Server : 1.0.0.1

Atau, kalian bisa install aplikasi 1.1.1.1. Informasi lengkap dan tautan unduh aplikasinya bisa kalian dapatkan di https://1.1.1.1.

2. Quad9

Quad9 adalah layanan DNS resolver non-profit yang berfokus pada keamanan dan privasi pengguna. Mereka mengenkripsi setiap koneksi yang kita lakukan untuk melindungi data dan privasi pengguna. Bahkan, Quad9 juga memiliki sistem yang akan mencatat setiap malware, virus dan ancaman lain agar segera masuk ke daftar filter secara real-time.

Seluruh layanan dari Quad9 dirancang untuk mengikuti GDPR sejak awal peluncuran pada 2017. Oleh karena itu, IP Address kalian tidak akan pernah tercatat pada sistem dari Quad9. Jaminan ini juga didukung oleh regulasi internet dan data pribadi dari Swiss yang merupakan tempat Quad9 beroperasi. Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan dair Quad9 bisa kalian baca di https://quad9.net.

Berikut IP Address dari layanan DNS Resolver dari Quad9. Silahkan input kedua IP tersebut untuk menggunakannya di perangkat kalian :

  • Primary DNS Server : 9.9.9.9
  • Alternative DNS Server : 149.112.112.112

Selain IP DNS Server diatas, masih terdapat beberapa IP DNS lain dari Quad9 yang menawarkan fitur keamanan yang lebih lengkap. Selengkapnya bisa kalian cek di halaman Quad9 Service Addresses & Features

Baca Juga : Ada Loh Alternatif Gratis dari Aplikasi Berbayar di Windows! (Office, Adobe, dsb)

3. Freenom World

Freenom World merupakan layanan Public DNS Resolver yang menawarkan akses yang lebih cepat ke website dengan perlindungan privasi yang ketat. Perlindungan privasi pengguna mereka lakukan dengan membuat setiap koneksi ke server yang menjadi anonymous. Selain itu, Freenom juga melindungi penggunanya dari berbagai tracker yang dimiliki oleh ISP dan Advertising Network. Hal ini membebaskan kita dari targeted ads dan data collection. Fitur pemblokiran iklan juga tersedia agar kalian bisa menikmati pengalaman browsing yang lebih nyaman tanpa ada ganggunan iklan.

Untuk menggunakan layanan DNS Resolver dari Freenom World, gunakan IP Address berikut :

  • Primary DNS Server : 80.80.80.80
  • Secondary DNS Server : 80.80.81.81

Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan dari Freenom, kalian bisa langsung kunjungi situs resminya di https://www.freenom.world.

4. NextDNS

NextDNS, layanan DNS Resolver dengan slogan “Firewall baru untuk Internet Modern”. Menawarkan perlindungan dari semua jenis ancaman keamanan, pemblokiran iklan dan tracker pada situs dan aplikasi. Tersedia juga fitur Parental Control yang dapat memberikan internet yang aman dan terawasi untuk anak-anak.

DNS buatan oleh Romain Cointepas dan Olivier Poitrey ini memiliki 10 jenis keamanan. Ini memberi kalian keleluasaan dalam menentukan strategi keamanan PC kalian. NextDNS juga menggunakan threat intelligence terpercaya yang diperbarui secara real-time.

NextDNS juga memiliki sistem yang menganalisis setiap DNS question dan answers on-the-fly. Teknik ini dipercaya dapat dengan mudah mendeteksi dan memblokir perilaku berbahaya dari sistem. Bahkan lebih awal dan lebih cepat daripada solusi keamanan klasik.

Sistem pemblokiran iklan dan tracker dari NextDNS menggunakan blocklist iklan dan tracker paling popular. Daftar blocklist ini juga terus diupdate secara real-time.

Parental Control tersedia sebagai opsi yang dapat kalian atur sesuai kebutuhan bersama dengan opsi keamanan dan privasi. Terdapat opsi pemblokiran situs (porno, kekerasan, pembajakan, dsb), auto SafeSearch, auto YouTube Strict Mode, pemblokiran situs secara spesifik dan pengaturan waktu akses.

Untuk menggunakan NextDNS kalian perlu membuat akun lebih dulu. Setelah itu kalian dapat login dan masuk ke dashboard untuk mengatur berbagai fitur dan filter yang ingin diaktifkan. Disana juga tersedia berbagai opsi untuk menggunakan layanan NextDNS, mulai dari IPv4, IPv6, DNS-over-TLS, DNS-over-HTTP, hingga pakai aplikasi.

Untuk info selengkapnya mengenai NextDNS, silahkan kunjungi situs https://nextdns.io.

Baca Juga : Cara Mudah Mengembalikan File yang Hilang / Terformat

5. Control D

Control D adalah layanan DNS Resolver yang modern dan dapat dikustomisasi. Memiliki berbagai opsi filter seperti pemblokiran iklan dan konten yang mengganggu, perlindungan dari malware & tracker, crypo, phising, dsb. Setiap filter dapat kita aktifkan sesuai kebutuhan melalui dashboard pengguna. Selain itu, kita juga bisa membuat berbagai profile sesuai perangkat dan kebutuhan kita. Fitur profile ini memungkinkan kita untuk membedakan pengaturan filter untuk setiap perangkat. Filter yang aktif untuk Smart TV dapat diatur berbeda dengan filter yang kita aktifkan untuk PC.

Layanan DNS Control D tersedia secara gratis dengan opsi berlangganan untuk akses ke kustomisasi filter, pembuatan profile dan pendaftaran perangkat. Untuk layanan DNS gratis dari Control D, terdapat beberapa paket filter yang bisa kalian pilih. Mulai dari Unfiltered, Filter Iklan & Tracking, Filter Media Sosial hingga DNS khusus untuk Bypass Sensor dan Geo-Blocking.

Untuk detail layanan DNS Control D, harga langganan serta opsi filter DNS gratis bisa kalian cek di https://controld.com/

B. Cara Menggunakan DNS di PC, Linux, Mac, Android, iOS, dsb

Sudah memilih layanan DNS yang cocok dengan kebutuhan kalian? ingin coba pakai? Berikut adalah artikel saya sebelumnya mengenai cara mengganti server DNS di berbagai jenis perangkat. Mulai dari PC Windows, Mac, Linux, Android, iOS dan juga Chromebook. Klik untuk menuju ke artikel lengkapnya :

Baca Juga : Cara Memperbaiki Error / BlueScreen Windows Akibat File Sistem Windows Rusak

Itulah 5 rekomendasi Layanan DNS yang memiliki fitur perlindungan Keamanan dan Privasi dari saya. Bila kalian ingin bertanya, merekomendasikan layanan lain atau ingin mengkoresi kesalahan pada artikel ini, silahakan tulis di kolom komentar. Mari diskusikan topik ini bersama agar konten ini semakin lengkap.

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel Rekomendasi DNS Private dan Aman ini. Silahkan cek juga artikel saya yang lainnya siapa tahu ada yang menarik perhatian kalian.

Dukung blog ini dengan kirim dukungan lewat https://trakteer.id/renoarifigar.

Share:
Reno Arifigar

Reno Arifigar

Blogger di waktu senggang. Aktif mengikuti perkembangan Video Game, Komputer dan Gadget. Freelance sebagai teknisi komputer (perakitan, maintenance dan troubleshooting).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.