Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Cara Pakai Winget untuk Install Aplikasi di Windows

Cara Pakai Winget di Windows 10 / 11 – RenoArifigar.com

Untuk kalian yang sudah pernah menggunakan sistem operasi Linux, kalian pasti sudah tidak asing dengan command line untuk menginstall aplikasi. Contoh perintahnya seperti sudo apt install librewolf atau flatpak install flathub io.gitlab.librewolf-community. Tentunya, penggunaan satu line perintah untuk install aplikasi seperti ini akan lebih mudah. Jauh lebih simple bila dibandingkan dengan apa yang biasa kita lakukan saat ingin install aplikasi di Windows.

Sebenarnya, Microsoft sudah lama mengembangkan layanan instalasi aplikasi lewat command prompt / powershell yang bernama Winget. Layanan ini dirancang untuk Windows 10 dan Windows 11 sebagai package manager solution yang berjalan di command line. Sayangnya, meski layanan ini sudah layak untuk digunakan, tampaknya Microsoft belum ada niatan untuk mengintegrasikan layanan ini dengan sistem operasi mereka.

Baca Juga : Mengenal Mechanical Keyboard & Jenis Switch-nya

Jadi, untuk bisa menggunakan layanan Winget. Kita perlui menginstall Windows Package Manager secara manual. Nah, pada artikel ini, saya akan menunjukkan langkah-langkahnya. Silahkan disimak…

1. Cara Install Winget

Tampilan Saat Winget sudah terpasang dan berjalan di Windows PowerShell - Cara Pakai Winget - RenoArifigar.com

A. Persyaratan

Winver - RenoArifigar.com

Winget hanya tersedia untuk Windows versi tertentu, yaitu Windows 11 atau setidaknya kalian harus menggunakan Windows 10 versi 1709 (Build 16299) atau versi yang lebih baru. Kalian bisa cek versi Windows kalian dengan mengetik winver di kolom Windows Search kalian. Jika Versi dan Build dari Windows kalian lebih baru, maka kalian bisa menggunakan Winget.

B. Command Line

Buka Command Prompt (Administrator) atau Windows PowerShell (Administrator) lalu jalankan perintah berikut ini : Add-AppxPackage -RegisterByFamilyName -MainPackage Microsoft.DesktopAppInstaller_8wekyb3d8bbwe.

Perintah diatas akan mendaftarkan winget ke Windows kalian. Untuk mengecek apakah Winget sudah terpasang di sistem kalian, kalian bisa jalankan perintah winget --info.

C. Microsoft Store

App Installer di Microsoft Store - RenoArifigar.com

Opsi lain untuk meng-install Winget ke Windows kalian adalah dengan mengunduh App Installer melalui Microsoft Store. Klik tautan ini untuk menuju ke halaman App Installer di Microsoft Store.

Baca Juga : Memilih Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

2. Cara Pakai Winget

Running perintah winget search di PowerShell - Cara Pakai Winget - RenoArifigar.com

Winget Search adalah perintah untuk mencari dan melihat informasi dari aplikasi yang tersedia di Winget. Dengan mmenggunakan winget search, kalian akan disajikan daftar aplikasi beserta informasi detailnya dalam bentuk tabel sesuai kata kunci yang kalian masukkan. Untuk menggunakan perintah ini, kalian perlu mengingat format berikut : winget search <kata kunci>. Untuk mensortir hasil pencarian, kalian bisa tambahkan | sort di bagian akhir. Contoh : winget search zip | sort.

Kalian juga bisa menerapkan filter yang lebih spesifik seperti --id, --name, --moniker, --tag, -command, --source, --count dan --exact. Contoh penggunaannya : winget search --name Note.

B. Winget Install

Install aplikasi OnlyOffice via Winget di Windows PowerShell - Cara Pakai Winget - RenoArifigar.com

Winget Install dapat kalian pakai untuk menginstall aplikasi ke PC Windows kalian. Cara pakainya adalah dengan mengetik perintah dengan format berikut : winget install <nama aplikasi>. Contohnya : winget install 7zip.

Kalau kalian ingin install banyak aplikasi sekaligus, kalian bisa menambahkan “;” setelah perintah install. Berikut contohnya : winget install 7zip; winget install obsidian.

C. Winget Upgrade

Update aplikasi Windows via Winget - RenoArifigar.com

Winget Upgrade adalah perintah untuk melakukan update setiap aplikasi yang telah terinstall di sistem kalian dan mendukung layanan Windows Package Manager. Ketik perintah winget upgrade untuk menampilkan tabel yang menunjukkan daftar aplikasi yang dapat diperbarui ke versi terbaru. Setelah menjalankan perintah tersebut, kalian dapat mengeksekusi perintah winget upgrade -all untuk mengkonfirmasi update ke seluruh aplikasi ke versi terbaru.

D. Winget Uninstall

Uninstall aplikasi via Winget - RenoArifigar.com

Untuk uninstall aplikasi melalui winget, kalian perlu menjalankan perintah dengan format berikut : winget uninstall <app id>. Contohnya : winget uninstall Obsidian.Obsidian. Pastikan kalian menulis id aplikasinya dengan benar, gunakan perintah winget search <keyword> untuk melihat penulisan ID yang benar.

Baca Juga : Kembalikan Bluetooth Icon Hilang dari System Tray Windows

Itulah sedikit panduan Cara Pakai Winget untuk Mengelola Aplikasi di Windows 10 / 11 kalian. Semoga penjelasan singkat saya di artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian. Bila kalian ada pertanyaan atau tambahan seputar topik ini, silahkan tulis di kolom komentar.

Bila kalian ingin mendukung blog ini, kalian dapat mengirim donasi via tautan berikut ini : saweria.co/RenoArifigar. Terima kasih sudah berkunjung!

Share:
Reno Arifigar

Reno Arifigar

Blogger di waktu senggang. Aktif mengikuti perkembangan Video Game, Komputer dan Gadget. Freelance sebagai teknisi komputer (perakitan, maintenance dan troubleshooting).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.